BAPSI GUNADARMA
Sesuai dengan kebijakan umum pada UG Good University Governance yang menyatakan bahwa “Pengelolaan Sistem Informasi menjadi wewenang dan tanggung jawab Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi, yang berada di tingkat Universitas dan bertanggung jawab ke Rektor Universitas Gunadarma melalui Pembantu Rektor sesuai dengan lingkup kerjanya�, Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI)
Sesuai dengan kebijakan umum pada UG Good University Governance yang menyatakan bahwa “Pengelolaan Sistem Informasi menjadi wewenang dan tanggung jawab Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi, yang berada di tingkat Universitas dan bertanggung jawab ke Rektor Universitas Gunadarma melalui Pembantu Rektor sesuai dengan lingkup kerjanya�, Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI)
merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
BAPSI merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada di bawah Rektor deserta jajaran Pembantu Rector, sesuai dengan struktur organisasi Universitas Gunadarma. Struktur Organisasi BAPSI secara keseluruhan selengkapnya dapat dilihat pada Gambar di bawah ini.
Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
Adapun Kekurangan dan Kelebihan BAPSI:
elebihan BAPSI UG:
- BAPSI berkontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma.
- BAPSI UG sering bermasalah dengan konektivitas.
Berikut ini adalah bagan dari sistematis cara kerja pada BAPSI :
No. | Unit Kerja | Deskripsi Tugas |
1. | Network Operation Center (Pengelola Inherent) | (1) Instalasi, pemeliharaan, dan monitoring jaringan komputer (backbone, intranet, internet, wireless); (2) Layanan akses dan koneksi internet; (3) Bandwidth management and policy; (4) Pemberdayaan layanan INHERENT, (5) Pengukuran kinerja layanan intranet dan internet (internet usage); (6) Trouble shooting, risk assessment, & DRP; dan (7) Inventory check list fasilitas jaringan komputer dan komunikasi data |
2. | System Development Center | (1) Pengembangan sistem informasi akademik sesuai dengan kebutuhan atau permintaan stakeholder; (2) Pengembangan fitur layanan official website; (3) Dokumentasi sistem informasi; (4) Pembuatan User Guide; (5) Pelatihan end-user; (6) Pembuatan portofolio aplikasi yang berjalan; dan (7) Identifikasi kebutuhan sistem yang akan datang bersama-sama dengan calon pengguna sistem |
3. | E-Learning Center | (1) Koordinasi pengembangan materi e-learning dengan unit terkait; (2) Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk staffsite&studentsite); (3) Pengembangan content management&SOP implementasi e-learning; (4) Diseminasi/pelatihan e-learning ke dosen dan mahasiswa; dan (5) Monitoring pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa |
4. | Media&Information Center | (1) Content provider untuk website gunadarma.ac.id, UG-News, UG-TV, UG-Radio; (2) Helpdesk untuk media informasi Gunadarma (website dan elektronik); (3) Monitoring website yg content updating-nya didesentralisasi; (4) Layanan data untuk pihak eksternal; (5) Public education berbasis TIK, (6) Bantuan layanan promosi publik; dan (7) Survey kepuasan pengguna akhir dan feedback mechanism |
5 . | Research Information center | (1) Penanggung jawab content management untuk ejournal dan repository system; (2) koordinasi dengan content provider untuk content-updating ke ejournal dan repository system; (3) diseminasi dan sosialisasi ejournal dan repository system; dan (4) Kerja sama dengan pihak eksternal dalam penyediaan materi untuk e-journal dan repository system. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar