Minggu, 18 November 2012

Momentum Perbaikan Ekonomi 2011

Akhir 2010 ini, ada se­de­ret op­ti­mis­me ter­kait de­ngan pros­pek eko­no­mi In­do­ne­sia ta­hun 2011 nan­ti. Op­ti­mis­me ini ber­sum­ber da­ri ma­suk­nya alir­an mo­dal da­ri pa­ra in­ves­tor glo­bal ke pa­sar ke­uang­an In­do­ne­sia. 

Apa yang men­ja­di pe­nye­bab ma­suk­nya alir­an mo­dal asing ini? Pe­nye­bab uta­ma da­ri kon­di­si ini ada­lah kri­sis utang lu­ar ne­ge­ri yang me­lan­da Ero­pa. Kri­sis utang di Ero­pa di­tan­dai de­ngan ga­gal ba­yar (de­fault) da­ri Yu­na­ni. Kon­di­si ini me­mak­sa Bank Sen­tral Ero­pa mem­be­ri­kan sun­ti­kan da­na (bai­lout) ke­pa­da ne­ga­ra ter­se­but. Na­mun de­mi­ki­an, efek me­nu­lar (con­ta­gio­us ef­fect) da­ri kri­sis utang Yu­na­ni su­dah te­lan­jur ber­dam­pak pa­da ne­ga­ra Ero­pa lain­nya. Ir­lan­dia ada­lah ne­ga­ra Ero­pa Ba­rat ber­ikut­nya yang meng­alami ke­bang­krut­an dan sek­tor per­bank­an­nya ham­pir lum­puh. Bank Sen­tral Ero­pa se­lan­jut­nya se­tu­ju un­tuk mem­be­ri­kan sun­ti­kan da­na ke­pa­da Ir­lan­dia.

Apa pe­nye­bab kri­sis hu­tang lu­ar ne­ge­ri Ero­pa Ba­rat? Pe­nye­bab uta­ma­nya ada­lah ke­ti­dak­di­sip­lin­an ne­ga­ra-ne­ga­ra Ero­pa ter­se­but un­tuk me­ngen­da­li­kan utang lu­ar ne­ge­ri­nya. Ke­se­pa­kat­an da­ri IMF dan OECD (Or­ga­ni­sa­si Ne­ga­ra Ma­ju) me­nya­ta­kan ba­tas mak­si­mal per­ban­ding­an utang lu­ar ne­ge­ri de­ngan PDB ada­lah 60 per­sen. Fak­ta­nya, ba­nyak se­ka­li ne­ga­ra-ne­ga­ra Ero­pa se­per­ti Spa­nyol, Por­tu­gal dan Ita­lia mem­pu­nyai per­ban­ding­an utang lu­ar ne­ge­ri de­ngan PDB men­ca­pai 80 per­sen. 

Kri­sis utang lu­ar ne­ge­ri Ero­pa ada­lah fak­tor eks­ter­nal yang mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si eko­no­mi In­do­ne­sia. Fak­tor in­ter­nal yang bi­sa mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si eko­no­mi In­do­ne­sia pa­da 2011 ada­lah ren­ca­na pe­me­rin­tah me­la­ku­kan pem­ba­tas­an BBM sub­si­di ba­gi pe­mi­lik mo­bil pri­ba­di. Hal ini di­la­ku­kan ka­re­na peng­gu­na­an BBM sub­si­di 2010 men­ca­pai 40 ju­ta ki­lo­li­ter. APBN 2011 meng­ang­gar­kan Rp 92,785 tri­li­un, se­dang­kan kon­sum­si BBM ta­hun 2011 di­per­ki­ra­kan men­ca­pai 42,5 ju­ta ki­lo­li­ter. Se­lain itu, ke­bi­jak­an eko­no­mi pe­me­rin­tah da­lam mem­ber­da­ya­kan sek­tor ri­il dan pem­ba­ngun­an in­fra­struk­tur me­ru­pa­kan fak­tor kun­ci yang bi­sa mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si per­eko­no­mi­an na­sio­nal 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar